Loading

IMK

1. tujuan imk adalah
a. tujuan rekayasa sistem pada imk yaitu
- kehandalan: berfungsi seperti yang diinginkan
- ketersediaan: tersedia ketika hendak digunakan
- keamanan: terlindung dari akses yang tidak diinginkan.
- Integritas data: terlindung dari kerusakan baik sengaja maupun tidak
- Standardisasi: keseragaman sifat2 antarmuka pemakai pada aplikasi yang berbeda
- Integritasi: keterpaduan antara paket aplikasi dan software polos.
- Konsistensi: keseragaman dalam suatu program aplikasi.
- Portabilitas: dimungkinkannya data di konversi pada berbagai hardware n software.
b. tujuan perancangan antarmuka pemakai
- penentuan sasaran masyarakat pemakai dan tugas2nya sangat penting.
- Desain yang baik bagi komunitas yang satu bisa tidak sesuai bagi komintas lainnya.
- Desain yang efisien bagi sekumpulan tugas dapat tidak efisien bagi kumpulan lainnya.
- Faktor manusia yang dapat di ukur dan menjadi pokok evaluasi:
- durasi belajar: berapa lama org bisa memperlajari secara relevan untuk melakukan suatu tugas.
- kinerja: berapa lama suatu tugas dilakukan?
- tingkat kesalahan pada user: berapa banyak kesalahan dan kesalahan apa saja yang dibuat oleh pemakai.
- daya ingat: berapa lama pemakai mempertahankan keterampilan yang baru dan lama?
-kepuasan subjektif: bagaimana kesukaan pemakai terhadap berbagai aspek sistem?

2 implementasi imk pada bidang apa saja???
i. untuk kehidupan sehari2:contohnya, kendali lau lintas udara, reaktor nuklir, pembangkit listrik
ii. pemakaian industri dan komersial,contonya: perbankkan, asuransi, pemesanan barang, pemesanan hotel
iii. aplikasi kantor,rmh n hiburan,contohnya: video game, email, paket pendidikan
iv. eksplorasi, kreatif, dan kerjasama, cnthnya: web, pengambilan keputusan bisnis, ensiklopedi

3. menu adalah
bagian untuk mengakses suatu fungsi yang telah terstruktur

4. jenis2 menu:
a. sigle menus(menu tunggal)
- binary menus
- multiple item menus
- multiple selection menus
- pulldown dan pop up menus
- scrolling and teo dimensional menus
- alpha sliders
- ambedded links
- iconic menus, toolbars, palttes.
b. linears sequences dan multiple menus

c. tree structured menus:
- ketika kumpulan item berkembang dan menjadi sulit dipelihara dalam kendali intelektual, perancang dapat membentuk kategori item yang serupa, membentuk struktur tree.
- Contoh pengelompokan: a. laki, perempuan
b. hewan, sayuran n mineral
c. fonts. Size, syle, spacing
- depth versus breadth: a. depth: jumlah level
b. breadth: jumlah item per level
- pengelompokan semantic: a. kelompok item2 serupa secara logis
b. bentuk kelompok melingkupi semua kemungkinan
c. pastikan item tidak overlap
d. gunaka peristilahan yang dikenal
d. a cyclic & cyclic menu networks:
- kadang lebih cocok daripada struktur tree
- memungkinkan jalur dari bagian tree yang berbeda, tidak mengharuskan pemakai memulai dari menu utama.
- secara alami terdapat pada: hub sosial, jalur transportasi, kutipan dalam jurnal ilmiah
- membutuhkan penelusuran balik.


Diambil dari :

http://one.indoskripsi.com/judul-skripsi-tugas-makalah/interaksi-manusia-dan-komputer/tugas-interaksi-manusia-komputer

StumbleDeliciousTechnoratiTwitterFacebookReddit

0 komentar:

Change Language

Langganan Artikel

Random Posts